Produk Terbaru

Finishing Hiasan Dinding Yang Elegan Dengan Melamine Lack

hiasan dinding susun kayu

Finishing melamine saat ini telah menjadi salah satu jenis bahan finishing yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha furniture kayu atau industri kerajinan untuk memperindah tampilan furniturenya. Finishing melamine dipilih karena  kualitas hasil akhir yang didapat memang terbukti sangat baik, tampilan furniture terlihat lebih indah dan elegan, selain itu hasil akhirnya juga jauh lebih halus daripada menggunakan jenis finishing kayu yang lainnya (politur). Akan tetapi, cara menggunakan atau mengaplikasikan melamine tidak semudah ketika menggunakan jenis finishing politur, dimana aplikasi finishing melamine memerlukan suatu tahapan-tahapan yang harus dipatuhi dan dilakukan dengan baik.

     Finishing melamine merupakan salah satu proses finishing untuk perabot rumah kita terutama bahannya terbuat dari kayu. Melamine adalah pelindung  sekaligus berfungsi untuk mempercantik perabot furniture anda. Melamine biasa juga disebut dengan acid catalizedMelamine adalah cat dua komponen yang terdiri atas resin yaitu amino alkyd & asam (acid) sebagai hardenernya. Furniture yang telah dimelamine akan tampak lebih indah dan mengkilat dan juga berfungsi sebagai pelindung kayu agar lebih tahan lama. Perlakuan dan proses aplikasi finishing melamine sangat menentukan hasil dan kwalitas finishing pada furnitre. Proses melamine agar lebih bagus dan tahan lama bila diaplikasikan pada perabot furniture interior, hanya  kurang sesuai untuk perabot furniture exterior dikarenakan finisnhing melamine tidak tahan terhadap panas atau sinar matahari.

BEBERAPA BAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK FINISHING MELAMINE LACK

Bahan ini merupakan bahan dasar untuk finishing melamine, jenis bahan yang digunakan ada bebrapa macam hal ini karena dalam finishing melamine lack ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk memperoleh hiasan atau interior ruangan yang indah dan berkualitas.

Melamine Sanding sealer: bahan melamine sanding sealer dipergunakan sebagai lapisan dasar dalam pekerjaan finishing melamine.

Melamine Clear: bahan melamine cear digunakan untuk melapisi permukaan kayu yang sudah dilapisi terlebih dahalu dengan sanding sealer.

–    Woodstain: bahan woodstain (pewarna kayu) ini bentuknya cairan yang dipergunakan untuk memberi warna tertentu sesuai dengan perencanaan warna yang sudah ditetapkan.

Woodfiller: bahan woodfiller ini berbentuk pasta yang dipergunakan untuk menutup pori-pori permukaan kayu yang akan diproses dengan aplikasi finishing melamine.

–  Hardenner: berfungsi sebagai bahan pengeras campuran melamine.

–    Thinner: bahan thinner ini berfungsi sebagai pengencer

ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK FINISHING MELAMINE LACK

Berikut adalah beberapa alat yang wajib untuk digunakan dalam finishing secara standard karena dalam finishing ini ada dua cara yang bisa dilakukan seperti teknik semprot atau spray  dan teknis oles atau kuas dan dalam kesempatan ini kami akan memberikan beberapa peralatan finishing dengan semprot atau spray, berikut beberapa alat tersebut berikut dengan penjelasan mengenai alat tersebut.

  1. Spraygun (Pistol semprot): berfungsi sebagai alat untuk menyemprotkan bahan campuran cairan melamine kebenda kerja. Hasil finisning melamine yang baik dianjurkan agar selalu dalam aplikasinya menggunakan pistol semprot ini.
  2. Mesin Kompresor: berfungsi sebagai sumber penyedia tekanan angin yang sangat diperlukan untuk bekerja menggunakan spraygun atau pistol semprot.
  3. Mesin Ampelas (sander): berfungsi untuk mengampelas permukaan kayu, serta menghaluskan permukaan  kayu setelah poses pelapisan sanding sealer. Mesin ampelas ini bagian bawahnya dilengkapi dengan kertas ampelas yang nomornya bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan permukaan kayu yang akan diampelas.
  4. Canting Viscositas: alat pengukur kekentalan cairan melamine yang dipersyaratkan F4 yaitu 12 – 13 detik/100 ml. Cairan campuran bahan finishing sebelum digunakan harus dites terlebih dahulu kekentalannya, karena cairan bahan finishing tidak boleh terlalu kental atau pun encer. Sehingga untuk mendapatkan campuran cairan yang ideal harus dites dengan menggunakan canting viscositas.
  5. Stopwatch: berfungsi sebagai alat untuk mengukur waktu yang dipersyaratkan dalam satuan detik/100 ml.

     6.Alkohol meter: alat pengukur kandungan alkohol yang ada Thinner, sebagai bahan            pengencer cairan campuran melamine.

  1. Mangkok Pencampur: digunakan sebagai wadah untuk mencampur cairan bahan finishing melamine.
  2.  Kape/skrap: digunakan sebagai alat untuk meratakan dan memasukan bahan woodfiller yang berupa pasta kedalam pori-pori kayu.
  3.  Kain majun: berfungsi untuk membersihkan permukaan kayu dari debu, serta sebagai alat bantu pada proses pewarnaan pada permukaan kayu dengan menggunakan cairan woodstain (pewarna kayu).
  4.  Kertas ampelas: digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu hingga bersih,halus dan rata, selanjutnya hasil kayu yang sudah diampelas siap untuk difinishing.
  5. Kuwas: alat ini dipergunakan untuk memoleskan cairan woodstain (pewarna kayu) pada permukaan kayu.

TAHAPAN DALAM FINISHING MELAMINE

Dalam finishing melamine ini ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk penjelasan lebih lanjut dan detail bisa langsung simak gambar bagan dibawah.

Beberapa cara dan motif finishing seperti cara membuat dinding unfinished motif acian dinding, finishing dinding, cat beton expose, model dinding bertekstur, dinding kamprot, cara membuat tali air dinding  dan variasi dinding tembok yang indah dan menarik untuk interior dalam rumah.

Jika Anda ingin mendapatkan lampu tidur, hiasan dinding yang unik dan menarik , interior cafe, ukir kayu serta ingin pesan secara custom segala hiasan dinding dan dekorasi rumah silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2528-2280

“Melihat Foto Yang Menarik Lainnya Serta Harga Bisa Dilihat Pada Menu Bagian Atas”

kata terkait:

cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri, hiasan dinding dari kertas kado, cara membuat hiasan dinding dari karton, hiasan dinding kelas yang menarik, cara membuat hiasan dinding kelas dari barang bekas, cara menghias dinding kamar dengan kertas kado, hiasan dinding dari kayu, hiasan dinding kaligrafi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *