fbpx

Mengetahui Bahan Hiasan Dinding Kayu Yang Berkualitas

0812-2528-2280

Mengetahui Bahan Hiasan Dinding Kayu Yang Berkualitas

hiasan dinding

Bahan yang digunakan untuk pembuatan interior atau hiasan ini sangat banyak kita temukan dalam masyarakat dan lingkungan kita seperti bahan kayu, keramik, kain, kertas, bambu, rotan dan beberapa jenis bahan lainnya untuk itu dalam kesempatan ini karena banyaknya jenis bahan yang dapat kita temukan tidak memungkinkan untuk saya bahas semua akan tetapi kami akan memberikan beberapa hiasan yang dibuat dengan bahan kayu.

Bahan kayu merupakan bahan yang memiliki ketahanan baik, sehingga jenis bahan ini sangat banyak kita temukan dalam lingkungan kita dengan berbagai bentuk dan jenis, untuk itu banyak kita temukan interior atau perabot dalam rumah yang dibuat dengan bahan tersebut.

Beberapa jenis kayu yang berkembang di Indonesia seperti:

KAYU AKASIA

adalah genus dari semak-semak dan pohon yang termasuk dalam subfamili Mimosoideae dari familia Fabaceae, pertama kali diidentifikasi di Afrika oleh ahli botani Swedia Carl Linnaeus tahun 1773. Banyak spesies Akasia non-Australia yang cenderung berduri, sedangkan mayoritas Akasia Australia tidak. Akasia adalah tumbuhan polong, dengan getah dan daunnya biasanya mempunyai bantalan tannin dalam jumlah besar. Nama umum ini berasal dari ακακία (akakia), nama yang diberikan oleh dokter-ahli botani Yunani awal Pedanius Dioscorides (sekitar 40-90 Masehi) untuk pohon obat A. nilotica dalam bukunya Materia Medica.[2] Nama ini berasal dari kata bahasa Yunani karena karakteristik tanaman Akasia yang berduri, ακις (akis, “duri”).[3] Nama spesies nilotica diberikan oleh Linnaeus dari jajaran pohon Akasia yang paling terkenal di sepanjang sungai Nil.

KAYU JATI

Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f.

Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa.

Jati memiliki pertumbuhan yang lambat dengan germinasi rendah (biasanya kurang dari 50%) yang membuat proses propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaan atas kayu jati. Jati biasanya diproduksi secara konvensional dengan menggunakan biji. Akan tetapi produksi bibit dengan jumlah besar dalam waktu tertentu menjadi terbatas karena adanya lapisan luar biji yang keras. Beberapa alternatif telah dilakukan untuk mengatasi lapisan ini seperti merendam biji dalam air, memanaskan biji dengan api kecil atau pasir panas, serta menambahkan asam, basa, atau bakteri. Akan tetapi alternatif tersebut masih belum optimal untuk menghasilkan jati dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak.

KAYU NANGKA

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbentuk gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka disebut babal. Setelah melewati umur masaknya, babal akan membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.

Buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. ‘Daging buah’, yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yang keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2–4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokarp yang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak. Keping bijinya tidak setangkup.

KAYU SONOKELING

Sonokeling atau sonokeling adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot sedang dan berkualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.), palisandre de l’Inde (Prc.); dalam klasifikasi Indonesia digolongkan sebagai kayu sonokeling. Di Jawa, dikenal varian yang dinamai sonobrit dan sonosungu.

Dari beberapa jenis kayu diatas merupakan kayu yang banyak kita temukan untuk pembuatan hiasan atau interior rumah karena merupakan kayu yang memiliki ketahanan baik dan kualitas yang baik juga.

beberapa hiasan dinding yang banyak kita temukan dan dapatkan dalam lingkungan dan masyarakat kita seperti hiasan dinding dari kayu minimalis, cara menempelkan kayu pada dinding, cara membuat hiasan dinding dari triplek, rak dinding kayu, dinding kayu minimalis, jual hiasan dinding vintage dan hiasan dinding kamar.

hiasan dinding rumah

hiasan dinding rumah

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

hiasan dinding susun

globalwoodcraft.com siap untuk membantu anda dalam membuat tampilan rumah menjadi indah dan menarik, serta bagi yang masih kebingungan akan memilih jenis hiasan atau bentuk yang seperti apa bisa langsung konsultasikan permasalahan tersebut kepada kami,untuk pembuatan produk kami selain hiasan dinding juga membuat berbagai macam lampu hias dan beberapa interior rumah lainnya.

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2528-2280

“Melihat Foto Yang Menarik Lainnya Serta Harga Bisa Dilihat Pada Menu Bagian Atas”

kata terkait:

hiasan dinding dari kayu minimalis, cara menempelkan kayu pada dinding, cara membuat hiasan dinding dari triplek, rak dinding kayu, dinding kayu minimalis, jual hiasan dinding vintage, hiasan dinding kamar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP