Mengetahui Cara Pembuatan, Alat Dan Bahan Dalam Pembuatan Lampu Tidur Dengan Bahan Limbah kayu

Mengetahui Cara Pembuatan, Alat Dan Bahan Dalam Pembuatan Lampu Tidur Dengan Bahan Limbah kayu

Penting Untuk Dibaca…!

Membuat suatu produk yang menarik serta dapat menjadi produk unggulan merupakan kegiatan yang sangat susah, apalagi pengetahuan dan pemahaman dalam produk tersebut kurang, serta jarang mengeketahuinya. Untuk itu dalam artikel ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat lampu tidur yang unik dan menarik dengan bahan limbah. Limbah yang saya gunakan untuk dibuat contoh dalam artikel ini merupakan limbah kayu.

Kenapa Harus Kayu..?

Jati Belanda
Jati Belanda

Pemilihan bahan limbah kayu ini karena kayu memiliki sifat dan bentuk yang menarik serta bahan limbah memiliki kualitas terbaik yang dapat menghasilkan karya terbaik juga, sehingga pemilihan jenis bahan tersebut juga sangat penting karena jenis bahan yang digunakan juga akan berpengaruh terhadap kualitas dan ketahanan suatu produk. Kebanyakan orang yang kurang di perhatikan yaitu, pembuatan suatu produk yang menarik, unik, serta memiliki ketelitian yang tinggi, akan tetapi dari segi ketahanan ataupun keawetan kurang di perhatikan.

Sehingga banyak produk yang dibuat dengan bagus dan memerlukan waktu yang lama akan tetapi produk tersebut tidak bagus dalam bahan, sehingga mengakibatkan produk yang dibuat kurang berkualitas baik dari segi ketahanan terhadap cuaca maupun keawatan bahan yang digunakan.

Akan tetapi sebelum membahas cara membuatnya terlebih dahulu, saya akan memberikan beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan lampu tidur yang unik dan menarik, serta dapat memberikan kemudahan dalam pengerjaan atau pembuatan lampu tidur dengan bahan limbah kayu:

  1.   Ketam mesin

Ketam mesin merupakan alat utama dalam pembuatan lampu dinding dengan bahan kayu, pada pembuatan produk ini ketam mesin digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu yang akan disambung, sehingga kayu menjadi siku dan dapat mudah ketika disambung.

  1. Klem F

Klem F dalam pembuatan produk lampu tidur ini berfungsi sebagai alat untuk menjepit antara kayu yang satu dengan yang lain ketika dilem, sehingga lem yang digunakan untuk merakatkan kayu tersebut dapat berfungsi dengan baik.

  1. Gergaji potong

Dalam pembuatan lampu tidur ini gerjagi digunakan untuk memotong kayu setelah selesai di ketam yang akan ke proses perakitan atau penyusunan limbah kayu, kayu tersebut dipotong sesuai dengan ukuran maupun garis yang sudah ditentukan.

  1.   Lem

Dalam pembuatan produk lampu tidur ini lem berfungsi sebagai bahan perekat limbah kayu yang digunakan untuk menyusun kayu yang satu dengan yang lain dengan mengikuti desain yang ada.

  1. Amplas

Amplas yang digunakan dalam proses finishing mulai dari ukuran yang kasar 120 sedang 240 dan amplas yang paling halus 600.

  1. Kertas kalkir 80 gr

Kertas kalkir merupakan kertas transparan untuk menutup rongga atau lubang ornamen agar cahaya lampu tidak langsung memancar, ukuran kertas yang digunakan 80 Gram.

  1. Lampu LED

Lampu LED merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan hiasan seperti kap lampu, dan aksesoris elektronik lainnya, lampu LED dengan aliran listrik DC sehingga harus menggunakan penahan tekanan adavtor sebagai pengatur tekanan arus listrik.

  1.   Bahan finishing

     Finishing atau penyelesaian akhir bertujuan untuk menegaskan dan memberikan sentuhan unik pada suatu karya dan melindungi karya dari debu yang ada di sekitar. Sistem finishing yang digunakan merupakan Impra melamine lack (transparan) dengan pengencer thiner.

  1.      Penggaris siku

Penggaris siku Berfungsi membuat garis konstruksi, mengecek atau membuat siku (90%), kerataan dan digunakan untuk membuat garis sudut 45%.

  1.     Pensil

Pensil digunakan sebagai alat penanda dalam bekerja kayu pada bidang yang ingin dibuang, untuk membuat sket, gambar kerja serta pola dalam pengerjaan suatu karya.

  1. Mesin scroll saw

mesin Scroll Saw digunakan untuk memotong kayu yang tidak bisa di jangkau oleh gergaji biasa. Di dalam pembuatan jam lampu dinding ini mesin scroll saw berguna untuk membuat ornamen motif yang digunakan sebagai hiasan jam lampu dinding.

  1.     Amplas gerinda

Mesin amplas adalah mesin yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu. Mesin amplas sangat berperan dalam pembuatan tugas akhir ini, mesin ini difungsikan sebagai proses perataan dan penghalusan permukaan kayu hasil pengeliman dan pengetaman.

  1. Compresor

Compresor mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida gas atau udara kompresor biasa menggunakan motor listrik, mesin diesel dan mesin diesel bensin sebagai tenaga pengeraknya

PENTING….!

Untuk melihat bagaimana cara membuat lampu tidur dengan bahan limbah bisa dilihat pada artikel saya yang lain, semoga bermanfaat.

Jam Lampu Dinding motif Surakarta
Jam Lampu Dinding motif Surakarta

 

Jam Lampu Dinding Motif Madura
Jam Lampu Dinding Motif Madura
Jam Lampu Dinding Motif Mataram
Jam Lampu Dinding Motif Mataram

 

Jika Anda ingin mendapatkan lampu tidur serta hiasan dinding yang unik dan menarik , silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2528-2280

Kata terkait: lampu tidur
lampu tidur unik dari barang bekas, lampu tidur dinding, lampu tidur led, lampu tidur anak, lampu tidur murah, harga lampu tidur minimalis, harga lampu tidur karakter, harga lampu tidur proyektor, harga lampu tempel, lampu dinding outdoor, harga lampu tempel teras, lampu dinding unik, harga lampu dinding teras, cara membuat lampu dinding, lampu dinding klasik, lampu teras minimalis modern

Leave a Comment