Jenis-Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Lampu Tidur

Jenis-Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Lampu Tidur

Salah satu untuk membuat produk kerajinan lampu tidur hal utama yang harus di perhatikan yaitu pemilihan bahan yang baik serta mudah untuk dikerjakan, karena bahan yang baik akan menghasilkan produk yang berkualitas baik dari segi bentuk serta hasil yang didapatkan. Bahan yang baik juga akan mempermudah dalam pengerjaan suatu produk yang berkualitas, serta keawetan dari produk yang dihasilkan juga akan bertahan dengan lama.

Ciri-ciri bahan yang bagus yaitu bahan yang tidak cacat seperti pecah atau retak, lapuk, bila bahan kayu banyaknya mata kayu, serat yang tidak teratur, kayu yang basah serta bahan yang banyak ditemukan dalam lingkungan sekitar.   Berikut beberapa bahan kayu yang bagus untuk menjadi produk lampu tidur yang berkualitas:

 

Kayu jati

kayu jati
kayu jati

adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa inggris). Dalam bahasa malayam bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f.

Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak di banjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa.

Kayu jati di indonesia tergolong pada kelas keawetan yang baik bahkan bahan perabot maupun kerajinan yang banyak kita temukan yang menggunakan bahan kayu jati ini, selain dari serat yang dimiliki jati bagus juga sangat mudah untuk dikerjakan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jenis pohon jati ada beberapa macam tergantung pada tempat di mana pohon tersebut tumbuh, jenis-jenis pohon ini bisa dilihat dari warna dan serat kayu, biasanya kayu jati yang tumbuh pada pegunungan berwarna coklat dan kayu jati yang tumbuh pada tanah yang lapang biasanya berwarna coklat keputihan. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh cuaca, perkembangan kayu jati yang di tanah lapang biasa tumbuh dengan cepat adapun jati yang tumbuh pada pegunungan agak lambat akan tetapi kualitas kayu yang dihasilkan sangat bagus.

 

Kayu pinus

Jati Belanda
Jati Belanda

Kayu pinus adalah salah satu jenis kayu khas dari daerah tropis yang bernilai komersial cukup baik di pasaran. Kayu pinus ini terdiri dari banyak jenis yang berbeda-beda. Tetapi, hanya ada dua jenis yang banyak beredar di pasaran sebab kedua jenis pinus ini memang dikenal memiliki kualitas paling baik diantara pinus radiata dan pinus merkusii. Keduanya adalah jenis pinus yang cukup populer di Indonesia sebab kedua jenis pinus tersebut merupakan jenis pinus yang banyak digunakan oleh industri-industri perkayuan ataupun oleh individu (masyarakat umum) sebagai bahan baku untuk membuat aneka macam furniture indoor ataupun jenis produk lainnya.

 

Ciri-ciri umum kayu pinus adalah

Tekstur : kayu pinus bertekstur halus

Warna : Kayu berwarna krem

Dan yang terakhir Kayunya agak lunak dibanding jenis kayu pertukangan pada umumnya, kayu ini memilik tekstur yang sangat bagus, dan jenis kayu ini memiliki kesamaan dengan kayu jati belanda, atau kayu  yang biasa digunakan untuk bahan peking barang-barang impor.

Kayu pinus merupakan jenis kayu yang memiliki kelas keawetan yang kurang bila di bandingkan dengan kayu jati, mahoni dan jenis kayu lainnya yang memiliki kelas keawetan bagus.

Hanya saja kayu ini memiliki kelebihan pada serat yang bagus, sehingga kayu ini banyak digunakan untuk bahan furniture atau perabot rumah yang memiliki tipe minimalis, juga biasanya digunakan untuk perabot cafe.

kayu sonokeling
kayu sonokeling

Kayu Sonokeling

 

Sonokeling atau sanakeling adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot sedang dan berkualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg), palisandre de l’Inde (Prc.); dalam klasifikasi Indonesia di golongkan sebagai kayu sonokeling. Di Jawa, dikenal varian yang dinamai sonobrit dan sonosungu.

Pohon berukuran sedang hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang mencapai 1,5–2 m. Tajuk lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Kayu ini merupakan jenis kayu yang memiliki kelas keawetan yang bagus sejajar dengan kayu jati, kayu ini memiliki beberapa kelebihan yang pertama serat kayu ini sangat bagus dengan warna ungu ke hitam-hitaman sehingga sangat berbeda bila di bandingkan dengan jenis kayu lainnya, dan bila mana dibuat produk tanpa harus finishing dengan warna karena kayu ini memiliki warna yang bagus dan menjadi khas dari kayu tersebut. Karena sifatnya yang baik, kayu sonokeling juga sering digunakan untuk membuat barang ukiran dan pahatan, barang bubutan, alat-alat musik dan olahraga, serta perabot kayu bengkok seperti gagang payung, tongkat jalan dan lain-lain.

Sonokeling tergolong ke dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. berat jenisnya antara 0,77-0,86 pada kadar air sekitar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadang kala berombak. Kayu ini juga awet; tahan terhadap serangan rayap kayu kering dan sangat tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Kayu terasnya berwarna coklat agak lembayung gelap, dengan coreng-coreng coklat sangat gelap hingga hitam. Kayu gubal berwarna keputih-putihan hingga kekuningan, 3–5 cm tebalnya, terbedakan dengan jelas dari kayu teras.

Kayu sonokeling agak sukar dikerjakan dengan tangan, namun sangat mudah dengan mesin. Kayu ini dapat di serut sehingga permukaannya licin; dan dapat pula di kupas dan diiris untuk membuat venir dekoratif. Kayu ini juga dapat di bubut, di sekerup dan di pelitur dengan hasil yang baik. Namun, kayu ini sukar diberi bahan pengawet

Kayu sonokeling memilliki kelemahan pada safatnya yang mudah melengkung untuk itu bila mana digunakan untuk produk yang rumit dan tipis sangat disayangkan, akan tetapi juga digunakan untuk produk yang besar-besar tidak masalah.

 

Kayu meranti

 Kayu Meranti
Kayu Meranti

Kayu Meranti merupakan salah satu jenis kayu khas daerah tropis yang cukup terkenal. Dan kayu ini juga termasuk salah satu jenis kayu komersial yang banyak peminatnya. Di Indonesia, kayu meranti berasal dari beberapa daerah yakni Sumatra, Kalimantan, Maluku, dan beberapa juga ada yang berasal dari Sulawesi. Dan dari keempat daerah itu, Kalimantan merupakan daerah penghasil kayu meranti yang paling bagus dari pada tiga daerah lainnya, sehingga orang-orang banyak yang menyebut meranti sebagai kayu kalimantan.

Di pasaran, kayu meranti dikenal memiliki tiga jenis yang berbeda, yakni meranti merah, meranti putih dan meranti kuning. Khusus untuk jenis kayu meranti kuning, daerah penghasilnya hanya ada dua yakni Sumatra dan Kalimantan saja.

Sebenarnya, kayu meranti, baik meranti merah, putih, kuning termasuk jenis kayu yang tidak terlalu awet, dalam tingkat keawetan kayu yang dirilis oleh dephut.go.id, kayu ini tergolong jenis kayu dengan tingkat awet kelas III hingga IV. Tapi, permintaan pasar terhadap kayu meranti ini tergolong banyak dan termasuk daftar terdepan untuk kategori komoditas yang sangat sering diperdagangkan. Kayu ini biasa digunakan sebagai yakni untuk reng atau usuk sebuah bangunan. Selain itu, kayu meranti juga banyak digunakan oleh pabrik sebagai bahan baku untuk membuat aneka produk seperti kayu lapis dan venir.

Untuk mendapatkan atau membeli kayu meranti ini tidaklah sulit, sebab kayu ini sekarang sudah banyak di distribusikan ke agen-agen penjual kayu kalimantan yang ada di berbagai daerah dan sudah dalam berbagai ukuran dan bentuk tentunya. Ada yang berbentuk balok, papan atau ukuran-ukuran tertentu yang selalu dibutuhkan dalam bangunan.

Jika Anda ingin mendapatkan lampu tidur serta hiasan dinding yang unik dan menarik , serta mau tanya-tanya tentang kayu yang baik  silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

087-758-874-448

kata terkait lampu dinding:
harga lampu tempel, lampu dinding outdoor, harga lampu tempel teras, lampu dinding unik, harga lampu dinding teras, cara membuat lampu dinding, lampu dinding klasik, lampu teras minimalis modern, lampu tidur unik dari barang bekas, lampu tidur dinding, lampu tidur led, lampu tidur anak, lampu tidur murah, harga lampu tidur minimalis, harga lampu tidur karakter, harga lampu tidur proyektor

 

Leave a Comment