Pengertian Lampu Tidur

Pengertian Lampu Tidur

Lampu tidur merupakan jenis lampu yang dapat digunakan seseorang ketika akan tidur atau salah satu penerangan pada saat akan melakukan aktivitas tidur, lampu tidur juga memiliki kelebihan dalam tampilan maupun pancaran lampu, bisanya lampu tidur dibuat selain menjadi lampu penerangan dalam ruangan juga menjadi salah satu hiasan dalam suatu ruangan kamar tidur, berbeda dengan lampu penerangan  ruangan atau lampu utama dalam kamar tidur.

Lampu tidur ini memiliki banyak bentuk dan jenis, salah satunya yang sedang menjadi tren pada saat ini yaitu jenis lampu tidur yang dibuat dengan bahan kayu, dari jenisnya lampu yang berbahan kayu ini ada beberapa diantaranya lampu tidur bentuk kap lampu, lampu tidur box, lampu tidur limbah kayu, lampu tidur dinding serta lampu tidur gantung. Dari beberapa jenis tersebut kayu yang digunakan juga beragam diantaranya kayu jati, mahoni, nangka, sono keling, akasia, pinus, jabon, serta jenis kayu lainnya.

Lampu Tidur Hias Club Bola
Lampu Tidur Hias Club Bola

Lampu Tidur Kaligrafi
Lampu Tidur Kaligrafi

Apa Perbedaan Lampu Tidur Dengan Lampu Utama atau lampu biasa…!

Untuk membedakan kedua hal tersebut Kerap kali banyak orang yang salah dalam memahami dan mengetahuinya, sehingga hal yang wajar ketika  banyak orang yang menggunakan satu lampu untuk dua fungsi sekaligus serta tidak mengetahui dari masing-masing efek yang muncul ketika menggunakan dua jenis lampu tersebut.

Pertanyaannya apakah tidak boleh menggunakan satu lampu untuk dua fungsi sekaligus, jawabannya jelas boleh akan tetapi efek yang peroleh antara kedua jenis lampu tersebut jelas berbeda dan memilki efek masing-masing. Bahkan ketika salah dalam menggunakan akan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, serta dapat mengurangi kualitas tidur yang dilakukan.

Sebelum membahas efek dari penggunaan lampu, terlebih dahulu saya akan memberikan penjelasan tentang pengertian masing-masing dari lampu tidur tersebut di atas:

lampu tidur, lampu tidur merupakan lampu jenis lampu yang digunakan untuk menunjang aktivitas tidur seseorang, perbedaan lampu tidur ini dengan lampu yang lain terdapat pada bentuk lampu dan cahaya lampu yang dihasilkan. Bentuk yang digunakan dalam lampu tidur ini ada beberapa macam diantaranya lampu tidur kap, lampu tidur dinding, lampu tidur minimalis, lampu tidur karakter, lampu tidur gantung, lampu tidur bok serta lampu tidur yang dibuat dari barang bekas.

Jadi semua jenis lampu tidur dibuat selain lampu juga terdapat tempat lampu atau alat penunjang lampu yang dapat berfungsi sebagai tempat untuk menaruh lampu dan dapat juga sebagai hiasan lampu, lampu tidur ini juga berbeda dengan lampu tidur biasa dalam hal cahaya lampu, perbedaannya terdapat pada watt lampu yang kecil ada juga yang dibuat dengan lampu tidak langsung memancar, sehingga dapat ditutup dengan kertas kalkir atau bahan penutup lainnya.

Selain itu lampu tidur ini selain menjadi penerangan ketika melakukan tidur juga digunakan untuk hiasan suatu ruangan atau dekorasi suatu ruangan.

Lampu penerangan ruangan, lampu jenis ini kerap kali biasa orang menyebut lampu utama dalam ruangan, karena lampu ini sebagai lampu penerangan utama dalam tempat tersebut. Jenis lampu yang digunakan dalam penerangan ini ada beberapa diantaranya lampu dof, lampu neon serta lampu led, lampu penerangan ini memiliki fungsi satu saja yaitu sebagai pencahayaan suatu tempat atau ruangan yang dapat berfungsi sebagai alat untuk mempermudah suatu aktivitas dalam tempat tersebut.

Lampu ini biasanya menggunakan watt yang tinggi sehingga dapat memberikan pencahayaan yang maksimal.

Efek Dari Kedua Jenis Lampu

Lampu tidur, lampu tidur ini memiliki fungsi yang fleksibel, kenapa bisa?

Karena lampu tidur ini memiliki pencahayaan yang rendah sehingga dapat dihidupkan dalam kondisi apapun, terlebih ketika digunakan untuk tidur lampu ini sangat bagus karena dapat memberikan suasana yang remang-remang dan nyaman sehingga akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Juga jenis lampu ini biasanya selain menjadi lampu tidur juga menjadi lampu hias seperti brand atau logo, nama perusahaan, nama orang, kata-kata motivasi, ucapan selamat dan jenis desain lainnya.

Lampu penerangan ruangan, lampu penerangan digunakan untuk penerangan ketika seseorang melakukan aktivitas saja karena lampu ini memiliki cahaya yang kuat sehingga kurang baik ketika digunakan untuk pencahayaan dalam tidur mari kita lihat penjelasan “Tidur malam dalam kamar yang tidak terlalu terang sangat bermanfaat buat tubuh. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya lampu yang berlebihan. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat”

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala dengan terang. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti. Dengan menjadikan lampu tidak terlalu terang ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku ‘Avoiding Cancer One Day At A Time’ juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak di tubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin mendapatkan lampu tidur serta hiasan dinding yang unik dan menarik , silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

087-758-874-448

Kata terkait: lampu tidur
lampu tidur unik dari barang bekas, lampu tidur dinding, lampu tidur led, lampu tidur anak, lampu tidur murah, harga lampu tidur minimalis, harga lampu tidur karakter, harga lampu tidur proyektor

Leave a Comment