Cara Pembuatan Lampu Tidur Dengan Bahan Limbah Yang Unik Dan Menarik

Cara Pembuatan Lampu Tidur Dengan Bahan Limbah Yang Unik Dan Menarik

PENTING..!

Dalam pembuatan lampu tidur diperlukan pengetahuan tentang alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan produk lampu tidur yang baik dan benar, lampu tidur dengan bahan limbah merupakan jenis lampu tidur yang dibuat dengan bahan kayu limbah dengan cara disusun hingga menjadi karya yang unik dan menarik

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat lampu tidur yang unik dan menarik serta dapat menjadi produk yang memiliki kualitas tinggi baik dari segi keawetan produk dan desain yang menarik, perlu diketahui dalam pembuatan ini saya akan mengambil limbah kayu, alasannya karena kayu merupakan bahan yang mudah didapatkan dalam lingkungan sekitar dan kayu merupakan jenis bahan yang memiliki kekerasan yang baik sehingga dapat menghasilkan produk yang menarik dan tetap mengedepankan kualitas produk.

Berikut tahapan cara membuat lampu tidur dengan bahan limbah kayu.

Persiapan Bahan

Pada tahapan ini kayu disiapkan dengan menggunakan alat Circular Saw dan mesin ketam, dengan ukuran sesuai yang diinginkan, terlebih dahulu kayu dibelah dengan searah serat dengan ukuran yang berbeda-beda berkisaran 3 Cm sampai dengan 5 Cm. Kemudian kayu disambung dengan jenis kayu yang berbeda dengan menggunakan lem serta alat bantu klem F.

Proses ini harus dilakukan dengan teliti dan cermat agar tidak terjadi kesalahan seperti salah ukuran, kesalahan dalam menggunakan alat yang dipakai, dan salah dalam memilih bahan seperti bahan yang cacat seperti pecah, dimakan rayap, dan cacat lainnya.

Yang paling penting keadaan alat harus selalu di kontrol keamanan dan ketajamannya agar mempermudah dalam proses dan tidak bermasalah dengan hasil yang diperoleh.

Pemotongan kayu limbah

Proses ini dikerjakan setelah selesai tahap persiapan bahan, dalam proses ini kayu yang sudah digabung dengan lem  hingga posisi  lem kering, setelah itu kayu dipotong dengan ukuran tinggi 5 Cm.

Penyusunan limbah kayu

Proses penyusunan limbah dimaksudkan untuk memperoleh kayu yang sesuai dengan desain yang dibuat, tahapannya membuat desain dengan ukuran 1:1 kemudian mulai menyusun limbah kayu dengan mengikuti desain yang ada. Alat yang digunakan klem F dengan perekat lem, dalam penyusunan limbah kayu yang paling penting untuk  di perhatikan yaitu sambungan perbagian harus rapat dan presisi karena hal tersebut akan mempengaruhi kekuatan suatu produk.

Meratakan permukaan limbah kayu

Proses pengetaman dilakukan ketika selesai dalam penyusunan limbah. Proses ini berguna untuk meratakan permukaan sehingga menghasilkan permukaan yang rata dan sesuai dengan ukuran yang dibuat, dan juga mempermudah dalam proses selanjutnya.

Mengergaji susunan kayu dengan scroll saw

Pada proses mengergajian dimulai dari menempel desain ke permukaan kayu  menggunakan lem, lalu proses mengergaji dengan mengikuti desain yang sudah di tempel menggunakan gergaji scroll saw yang besar.

Pembuatan ornamen

Pembuatan ornamen dilakukan untuk memberikan kesan indah pada produk yang dibuat, dalam pembuatan jam dinding ini ornamen yang diterapkan merupakan ornamen Nusantara. Dalam pembuatan ornamen langkah pertama yang dilakukan yaitu membuat pola ornamen dengan ukuran 1:1 yang kemudian dari pola tersebut ditempel ke atas kayu dengan menggunakan lem sebagai perekatnya, setelah itu lakukan pelubangan dengan menggunakan gergaji scroll dengan mengikuti pola yang ada.

Finishing

Finishing dilakukan setelah produk selesai semuanya, proses ini merupakan proses yang sangat berpengaruh dalam kualitas produk. Dalam proses finishing ada beberapa tahapan diantaranya pengamplasan tahap awal menggunakan kertas amplas 120 dan menggunakan mesin amplas gerindra, tahapan selanjutnya menggunakan kertas amplas 240, dilanjutkan dengan pelapisan awal dengan menggunakan wood filer, setelah itu amplas lagi dengan kertas amplas No 240 sampai pori-pori terlihat, proses selanjutnya pelapisan awal dengan sanding sealer setelah kering amplas dengan kertas Nomer 400, proses memerlukan pengulangan beberapa kali dengan proses yang sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah itu proses akhir mengunakan melamin lack, semua bahan finishing menggunakan pengencer thiner yang disemprot dengan spray gun.

Pemasangan mesin jam dinding

Mesin jam dinding dipasang pada bagian karya yang sudah di bor. pada bagian karya yang akan di pasangi jam dinding.

Pemasangna lampu LED

Dalam pemasangan lampu tidur, jenis lampu yang digunakan lampu LED karena lampu tersebut selain bentuknya yang lentur juga menghasilkan cahaya yang sangat bagus, sehingga sangat cocok untuk lampu hias.

Jika Anda ingin mendapatkan lampu tidur serta hiasan dinding yang unik dan menarik , silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2528-2280

kata terkait lampu dinding:
harga lampu tempel, lampu dinding outdoor, harga lampu tempel teras, lampu dinding unik, harga lampu dinding teras, cara membuat lampu dinding, lampu dinding klasik, lampu teras minimalis modern, lampu tidur dinding, lampu tidur led, lampu tidur anak, lampu tidur murah, harga lampu tidur minimalis, harga lampu tidur karakter, harga lampu tidur proyektor

Leave a Comment