Cara Merawat Pahat Ukir Kayu Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Pahat Ukir Kayu Yang Baik Dan Benar

Cara merawat pahat ukir ada beberapa cara salah satunya membuat pahat ukir selalu tajam dan memudahkan, pahat ukir yang tajam akan menjadikan proses mengukir dengan cepat dan mudah, terlebih juga akan berpengaruh terhadap hasil tatahan yang dihasilkan. Pahat ukir yang tajam akan memberikan bekas pada ukiran dengan halus dan indah, begitu sebaliknya pahat ukir yang kurang tajam akan menghasilkan pahatan yang kurang rata dan cacat.

Ukir Kayu
Ukir Kayu

Penajaman pahat ukir setiap jenis pahat ukir mamiliki cara sendiri-sendiri untuk dapat menjadi pahat yang tajam dan berkualitas diantaranya:

Pahat Penguku

Diasah pada sisi sudut batu asah, dimulai dari pahat yang

ukuran terkecil, sampai pada mata pahat yang terbesar. Apabila pengasahan tidak sesuai dengan sisi sudut batu asah maka mata pahat kuku ini dapat berubah bentuknya seperti cekung bagian tengah mata pahat.

Pahat Penyilat/Mata lurus

Diasah pada permukaan batu asah yang datar, dimulai dari pahat yang terbesar n sampai pada mata pahat yang terkecil. Jadi urutannya kebalikan dengan cara mengasah pakat penguku

Perawatan Pahat Ukir

Selain menjaga pahat ukir selalu dalam kondisi tajam, pahat ukir perlu dirawat antara lain dengan membersihkan setiap bilah pahat dengan kain setiap selesai digunakan, dan untuk menjada bilah pahat terhindar dari karatan setiap bilah pahat dilap dengan kain yang dibasahi degan oil.

Batu asah

Dalam kerja ukir pahat harus selalu dirawat/dijaga selalu dalam keadaan siap pakai/tajam. Cara menajamkan pahat biasanya menggunakan batu asahan. Batu asahan dipasaran ada dua jenis, yaitu batu asahan yang diproduksi oleh pabrik dan perusahaan tradisional. Batu asahan yang diproduksi oleh pabrik ini biasanya disebut batu asah minyak, batu asah ini pada waktu dipakai menggunakan minyak pelumas/olie. Sedangkan batu asahan tradisional menggunakan air.

Batu asahan minyak biasanya ada dua permukaan yang berbeda; satu permukaan kasar dan satu permukaan halus. Fungsi permukaan yang kasar biasanya digunakan untuk memperbaiki apabila permukaan mata pahatnya rusak akibat misalnya jatuh dari meja kerja atau rusak karena kesalahan teknis. Sedangkan permukaan yang halus biasanya digunakan untuk menajamkan pahat ukir terutama pahat penyilat/pahat mata lurus.

Batu asah gunung memiliki dua permukaan yang sama yaitu halus saja atau kasar saja. Batu asah ini khusus untuk menajamkan, baik pahat lurus dan lengkung.

Jangan ketingalan juga artikel saya yang lain  tentang pengertian dan cara untuk mengukir dengan baik dan banar juga seperti mengetahui cara merawat kikir, jenis pahat ukir kayu dan fungsinya, sebutkan alat dan bahan untuk membuat seni ukir, alat alat ukir, alat seni ukir, cara membuat pahat ukir, alat dan bahan seni pahat dan apa keunikan seni pahat dan ukir

 

Kami memerima jasa ukir yang siap melayani anda dengan kreasi yang unik dan menarik, kami juga menyediakan hiasan dinding dan lampu hias yang dapat anda pilih menjadi hiasan atau dekorasi dalam rumah anda.
Alamat kantor
Karangasem baru, depok, sleman yogyakarta
Kode pos: 55821
TELP/SMS/WA
081225282280

Kata Terkait:

macam alat ukir kayu, peralatan mengukir kayu, alat alat ukir, alat dan bahan seni pahat, jenis pahat ukir kayu dan fungsinya, ,elaskan proses proses pembuatan karya kerajinan ukir kayu, alat seni ukir, contoh seni ukiran kayu

 

Leave a Comment