Peralatan ukir yang tajam dan berkualitas tinggi

Peralatan ukir yang tajam dan berkualitas tinggi

Peralatan kerja ukir ada banyak ragam dan bentuk mulai dari peralatan utama sampai dengan peralatan penunjang dalam proseses mengukir.

Ukir Kayu
Ukir Kayu

Perawatan pahat ukir harus selalu dikontrol untuk mendapatkan hasil ukiran yang bagus dan memuaaskan, untuk lebih detailnya cara perawatan pahat ukir bisa dilihat dalam artikel saya yang lain atau buka link ini

 

Alat pokok kerja ukir kayu

 

Alat pokok untuk kerja ukir ada beberapa perangkat diantaranya:

20 bilah pahat bentuk penguku

10 bilah pahat bentuk penyilat

1-3 bilah pahat bentuk pengot

5-10 bilah pahat bentuk kol

3-5 bilah pahat bentuk V (ve/pahat coret)

1.Pahat Penguku

  • Pahat penguku dalam satu 1 set pahat ukir berjumlah 20 bilah
  • Ukuran lebar pahat dimulai dari paling kecil 1,5 mm sampai dengan 40mm.
  • Panjang pahat 220-250 mm, tebal kurang lebih 1,5 mm.

Fungsi pahat penguku digunakan untuk membuat ukiran bentuk lengkung, melingkar, membuat bentuk cembung, cekung, ikal, dan pecahan/cawenan. Pahat ini merupakan pahat yang paling banyak digunakan dalam proses mEngukir karena merupakan pahat utama yang akan memudahkan dalam proses mengukir.

2. Pahat Penyilat

  • Pahat penyilat dalam satu set pahat ukir berjumlah 10 bilah
  • Ukuran lebar dimulai dari paling kecil 1 mm sampai dengan
    40mm panjang 220-250 mm, tebal kurang lebih 1,5 mm

Fungsi pahat penyilat ini untuk membuat pahat/ukiran yang berbentuk garis lurus dan bentuk cembung lurus, biasa juga digunakan untuk membuat lamahan atau background pada ukiran.

3. Pahat Pengot

  • Pahat pengot dalam 1 set pahat ukir berjumlah 1- 3 bilah
  • Bentuk mata pahat miring menyudut,ukuranyang biasa dipakai antara 4 mm sampai dengan 10 mm, panjang 220- 250 mm, tebal kurang lebih 1,5 mm.

Fungs pahat pengot digunakan untuk membersihkan sudut/ sela-sela dasaran ukiran yang sulit dijangkau dengan pahat perata/penyilat, pahat ini sangat penting untuk membuat ukiran yang bersih dan bagus.

4. Pahat Kol

  • Pahat kol dalam 1 set pahat sebanyak 5 -10 bilah
  • Ukurannya dimulai dari paling kecil 5 mm sampai dengan
    45 mm, panjang 220-250 mm, tebal kurang lebih 0,75 mm.

Fungsi pahat kol untuk membuat pahatan/ukiran bentuk cekung yang dalam seperti alur lengkung, juga biasa untuk membuat hiasan texture untuk karya seni. Pahat ini juga digunakan untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat penguku, selain itu pahat ini merupakan pahat yang akan sangat memudahkan ketika seorang akan membuat seperti daun dan bentuk-bentuk cekung lainnya.

Palu kayu

Palu kayu merupakan alat yang penting dalam kerja ukiran kayu. Ada 2 macam palu: terbuat dari bahan kayu dan dari bahan karet. Dua jenis tersebut dapa digunaka digunakan tetapi lebih senang bila menggunakan palu kayu, karana lebih lembut dan kenyal.

Peralatan penunjang yang digunakan untuk kerja ukir, peralatan ini digunakan untuk mempermudah dalam proses pengukiran dan dapat menghasilkan ukiran yang bagus dan berkualitas.

Berikut beberapa peralatan penunjang untuk ukir kayu:

Mesin Jigsaw

Jig saw juga bisa digunakan untuk membantu kerja ukir terutama untuk membuat lobang yang besar-besar dan juga apa bila ukuran benda yang diukir cukup besar dan tidak dapat dijangkau dengan mesin skrol saw.

Mesin Bor

Mesin bor juga sangat penting untuk membantu kerja ukir manakala kita mengukir dengan teknik kerawangan atau juga membantu membuat lobang sebelum benda kerja di skrol. Ada dua jenis mesin bor yakni mesin bor duduk dan portabel

Klem Meja

Klem meja biasa dikenal berbentuk huruf F dan G, dalam proses ukiran kayu klem merupakan alat bantu yang sangat penting. Disamping berfungsi untuk memegang benda kerja tidak bergerak kesana-kemari juga agar posisi kayu flet dengan meja kerja sehingga dapat terhindar kerusakan benda kerja

Sikat Ijuk

Dalam kerja ukiran diperlukan pula sikat ijuk yang berfungsi untuk membersihkan kotoran kayu pada ukiran yang telah selesai di ukir.

Peralatan kerja bangku

Peralatan kerja bangku juga diperlukan dalam kerja ukir, antara lain: gergaji potong, ketam, rol meter, try square, pensil, dll

Batu asah

Dalam kerja ukir pahat harus selalu dirawat/dijaga selalu dalam keadaan siap pakai/tajam. Cara menajamkan pahat biasanya menggunakan batu asahan. Batu asahan dipasaran ada dua jenis, yaitu batu asahan yang diproduksi oleh pabrik dan perusahaan tradisional. Batu asahan yang diproduksi oleh pabrik ini biasanya disebut batu asah minyak, batu asah ini pada waktu dipakai menggunakan minyak pelumas/olie. Sedangkan batu asahan tradisional menggunakan air.

Batu asahan minyak biasanya ada dua permukaan yang berbeda; satu permukaan kasar dan satu permukaan halus. Fungsi permukaan yang kasar biasanya digunakan untuk memperbaiki apabila permukaan mata pahatnya rusak akibat misalnya jatuh dari meja kerja atau rusak karena kesalahan teknis. Sedangkan permukaan yang halus biasanya digunakan untuk menajamkan pahat ukir terutama pahat penyilat/pahat mata lurus.

Batu asah gunung memiliki dua permukaan yang sama yaitu halus saja atau kasar saja. Batu asah ini khusus untuk menajamkan, baik pahat lurus dan lengkung

Berikut beberapa macam alat ukir kayu yang sering kita temukkan seperti alat ukir kayu elektrik, alat ukir kayu mesin, alat ukir kayu otomatis, alat ukir kayu modern, alat dan bahan seni pahat atau  jenis pahat ukir kayu dan fungsinya, dan, cara membuat alat ukir kayu.

Kami memerima jasa ukir yang siap melayani anda dengan kreasi yang unik dan menarik, kami juga menyediakan hiasan dinding dan lampu hias yang dapat anda pilih menjadi hiasan atau dekorasi dalam rumah anda.
Alamat kantor

Karangasem baru, depok, sleman yogyakarta
Kode pos: 55821
TELP/SMS/WA
081225282280

Kata Terkait:

macam alat ukir kayu, alat ukir kayu elektrik, alat ukir kayu modern, alat ukir kayu mesin, jenis pahat ukir kayu dan fungsinya, alat ukir kayu otomatis, alat dan bahan seni pahat, macam macam alat ukir

 

 

Leave a Comment